PT Gag Nikel Fasilitasi Masyarakat Kepulauan Gag Studi Banding ke Bali

LIPUTAN MEDIA: PT Gag Nikel fasilitasi Masyarakat Kepulauan Gag Studi Banding ke Bali.

Seperti dikutip di Harian Papua Barat Pos studi banding ke Bali ini sebagai bagian dari program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Gag Nikel untuk mengajarkan bagaimana cara mengembangkan wisata berbasis antraksi teteruga langka atau penyu di Kabupaten Raja Ampat.

Studi banding yang diikuti puluhan peserta ini berlokasi di Kepulauan Teluk Benoa Penyu Bali. Tujuan dari studi banding ini sebagai sarana belajar cara mengembangkan pariwisata berbasis masyarakat. Sebagian besar peserta adalah tokoh masyarakat dan tokoh adat dari Kepulauan Gag yang sangat antusias mengikuti program studi banding ini.

Dinas Pariwisata Kabupaten Raja Ampat sendiri memberikan apresiasi dan sangat mendukung program studi banding ini mengingat selama ini potensi teteruga di Pulau Gag masih sering disalahgunakan. Selama ini teteruga atau penyu diburu saja karena cara melindungi dan melestarikannya belum dipahami oleh masyarakat kepulauan Gag.

Dari segi Geologi Kepulauan Gag sangat unik karena terdiri dari dua kawasan yang berbeda. Dimana arah selatan ada kandungan batu nikel dan di bagian utara ada hamparan pasir putih yang sangat indah yaitu Pantai Teteruga Beach.

Melalui program studi banding ini diharapkan kedepannya menjadi sinergi PT Gag Nikel bersama masyarakat dan pemerintah daerah dalam menjaga keseimbangan alam sekaligus mengembangkan pariwisata di Kabupaten Raja Ampat.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email
Print
English English Indonesian Indonesian
WhatsApp chat