Bangun Literasi

Gag Nikel, Masyarakat Bangun Literasi.

LIPUTAN MEDIA: www.radarsorongnews.com – Gag Nikel, Masyarakat Bangun Literasi. Waisai – Melalui Ikatan Jaringan Keluarga Literasi – Mandiri, Nasional, Optimis dan Produktif (IJKL- MNOP) pada Program Pengembangan Literasi Sekolah (PPLS) yang merupakan Program Pengembangan Masyarakat dalam Pengembangan Mutu Pendidikan dasar yang diinisiasi oleh PT Gag Nikel dengan mitra Provisi Education sinergitas bersama masyarakat Kampung Gag melakukan kampanye literasi yang melibatkan warga masyarakat kampung, komite dan keluarga besar sekolah dampingan SD Negeri 07 Gag dan SMP Negeri 19 Raja Ampat Distrik Waigeo Barat Kepulauan Kabupaten Raja Ampat.

Pengembangan literasi ini pun dilanjutkan berbagai rangkaian kegiatan kampanye literasi pada tanggal 31 Oktober 2019 lalu di Balai Desa dengan berbagai acara kegiatan berupa literasi spektakuler yang ditampilkan oleh siswa-siswi antara lain Pameran Poster Literasi, Tari Lalayon, Membaca Puisi, Pidato Bahasa Inggris, Mendongeng dan Karnaval Literasi.

Menurut Kepala SMP Negeri 19 Raja Ampat, Abimelek Laijan bahwa sadar literasi masyarakat begitu penting demi terhindarnya berbagai macam informasi “hoax” yang sering beredar di media sosial. Lanjut ditambahkan Kepala SDN 07 Gag, Abdul Kadir, S.Pd bahwa mengampanyekan budaya tersebut sangat penting bagi masyarakat dalam membentuk karakter generasi penerus yang berakhlak mulia dan cerdas dalam menghadapi era globalisasi. Plt Kepala kampung Gag, Hamjah Najamudin menyampaikan keterlibatan orang tua/wali dari siswa-siswi dalam mendukung literasi dasar anak di rumah sangat penting demi terwujudnya masyarakat kampung gag yang cakap, mandiri dan cerdas. Dengan adanya program ini, diharapkan mampu menciptakan budaya literasi masyarakat dari dini dengan melibatkan seluruh kalangan demi terwujudnya masyarakat Indonesia yang sadar literasi.

WhatsApp chat