Deprecated: Function Elementor\DB::is_built_with_elementor is deprecated since version 3.2.0! Use Plugin::$instance->documents->get( $post_id )->is_built_with_elementor() instead. in /home/gagnikel/public_html/wp-includes/functions.php on line 5379

PT.Gag Nikel Wacanakan Warbariam Jadi Kawasan Agrowisata di Raja Ampat

CYBER88 | Raja Ampat — Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan, nampaknya PT. Gag Nikel juga memiliki wacana program inovatif yang ikut mendukung sektor industri pariwisata di Raja Ampat.

Melalui program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di tahun ini, PT. Gag Nikel menjadikan lokasi Warbariam yang terletak di jalan Waiwo, Kota Waisai sebagi satu kawasan Agrowisata.

Yang mana, kawasan Warbariam akan menjadi kawasan pertanian di bawah binaan langsung PT. Gag Nikel.Progam ini sebagai satu upaya PT.Gag Nikel dalam mendorong industri pariwisata Raja Ampat serta memperkuat sistem ketahanan pangan di wilayah setempat.

AGROWISATA

Kawasan Warbariam merupakan kawasan strategis. Sebab kawasan tersebut berdekatan dengan jantung kota Waisai serta berada pada jalur penghubung, ketika Wisatawan hendak menuju ke tempat destinasi, Homestay dan Resort di area kota Waisai.

PT.Gag Nikel akan menjadikan kawasan tersebut sebagai salah satu tempat wisata, sehingga, selain wisatawan menikmati pesona alam Raja Ampat, para wisatawan juga bisa menikmati buah segar dari hasil pertanian kelompok tani binaan 
PT.Gag Nikel.

Corsec Legal & External Relation, Mustajir, melalui Legal & Comdev Manager PT.Gag Nikel, Ruddy Sumual, mengatakan, Raja Ampat sebagai Destinasi Wisata dunia, akan lebih lengkap lagi apabila adanya wisata agro.

Dikatakan,terkait program agrowisata yang telah diwacanakan, pihaknya sudah membangun komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah daerah melalui Dinas terkait dan juga pemerintah di tingkat Distrik.

“Komunikasi dan koordinasi sudah kami bangun dengan Dinas terkait serta pemerintah Distrik setempat”, ujarnya dalam keterangan tertulisnya kepada media ini di Waisai, Minggu (5/6).

Dijelaskan, tempat yang telah direncanakan menjadi kawasan pertanian itu akan ditanami oleh beberapa jenis Komiditi, diantaranya sayuran dan juga buah-buahan.

Hasil komoditi pertanian tersebut akan didistribusikan langsung di Pasar Kota Waisai guna memenuhi kebutuhan masyarakat setempat dan di kota Sorong.ditambhkan, untuk tanaman jangka panjang seperti durian,jeruk, rambutan serta buah-buahan lainya akan dijadikan sebagai komoditi unggulan dari kelompok binaan.

Kaitanya dengan wacana tersebut, Ruddy menyatakan akan mendorong program tersebut sebagai satu langkah upaya meningkatkan ekonomi masyarakat serta menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat yang mana telah terakomodir dalam kelompok-kelompok tani binaan.

Dijelaskan pula, bahwa program PPM pada tahun ini akan memfokuskan bantuan kepada kelompok tani dan kelompok perkebunan. Bantuan tersebut berupa pelatihan, pendamping serta pemberian bibit serta sarana alat produksi dan instalasi air bersih untuk penyiraman juga sarana lainya.

Kata Ruddy, hal ini dimaksudkan untuk memberikan stimulasi atau motivasi kepada anggota kelompok tani binaan PT.Gag Nikel untuk meningkatkan hasil produksi serta kedepannya bisa mandiri dalam mengelola kawasan tersebut. (A.M)

Sumber : https://www.cyber88.co.id/berita/33280/pt-gag-nikel-wacanakan-warbariam-jadi-kawasan-agrowisata-di-raja-ampat.html

English English Indonesian Indonesian
WhatsApp chat